Met datang

Met datang di Blog Konseling UIN, blog ini berisikan materi-materi seputar konseling, dan sebagian lainnya materi keagamaan serta kesehatan reproduksi, semoga teman-teman yang berkunjung bisa memanfaatkan kontent materi yang ada di blog

Kamis, 20 November 2008

Psikologi test

Model Deskripsi diri

1. Siapakah Saya ?

Saya adalah :………………………………………………………….

…………………………………………………………………………

2. Apa kekuatan atau kelebihan yang saya miliki ?

Kekuatan atau kelebihan yang saya miliki adalah :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Apa kelemahan atau kekurangan yang saya miliki ?

Kekurangan atau kelemahan yang saya miliki adalah :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Apa usaha yang saya lakukan untuk meningkatkan kekuatan atau kelebihan yang saya miliki diatas ?

Usaha yang saya lakukan umtuk mingkatkan kekuatan atau kelebihan yang saya miliki diatas adalah :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Apa usaha saya untuk mengurangi kelemahan atau kekurangan yang saya miliki diatas ?

Uasaha yang saya lakukan untuk mengurangi kelemahan atau kekurangan yang saya miliki diatas adalah :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

6. Apakah anda saat ini sudah merasa bahagia atau belum dengan kepribadian yang anda miliki sekarang ? Alasan :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Model Belajar

LEMBAR KERJA SATU :

Saya dapat belajar dengan baik jika :

1. Saya duduk dan mendengarkan seseorang memberi informasi (B-S)

2. Saya harus mencari diperpustakaan informasi atau pengetahuan yang saya inginkan (B-S)

3. Saya mencari orang yang mengerjakan tugas kemudian saya memperhatikan (B-S)

4. Saya mengerjakan soal seorang diri (B-S)

5. Saya membuat kesalahan dan mencoba lagi (B-S)

6. Saya dapat mendengarkan musik (B-S)

7. Harus tenang (B-S)

8. Saya lebih menyenangi gambar dibandingkan membaca teks (B-S)

9. Sendirian (B-S)

10. Saya berbicara dengan semua teman (B-S)

11. Saya mencatat dan meringkas materi dalam bentuk gambar atau bagan (B-S)

12. Saya belajar dengan berkelompok (B-S)

13. Saya membaca dengan suara (B-S)

14. Saya mengajari orang lain (B-S)

LEMBAR KERJA DUA :

Mohon dicermati pernyataan-pernyataan dibawah ini. Berikan tanda cek (V) pada kolom angka 3 jika pernyataan sesuai dengan kondisi anda, angka 2 jika ragu-ragu atau tidak tahu, dan angka 1 jika tidak sesuai dengan kondisi anda

No

Pernyataan

1

2

3

1.

Teliti terhadap yang detail

2.

Mengingat dengan mudah apa yang dilihat

3.

Mempunyai masalah dengan perintah lisan

4.

Tidak mudah terganggu dengan suara gaduh

5.

Pembaca dengan cepat dan tekun

6.

Lebih suka membaca dari pada dibacakan

7.

Lebih suka metode demonstrasi dari pada ceramah

8.

Bila menyampaikan gagasan sulit memilih kata

9.

Rapi dan teratur

10.

Penampilan sangat penting

Jumlah

No

Pernyataan

1

2

3

1.

Bicara pada diri sendiri saat bekerja

2.

Konsentrasi mudah terganggu oleh suara rebut

3.

Senang bersuara keras ketika membaca

4.

Sulit menulis tapi mudah bercerita

5.

Pembicara yang fasih

6.

Sulit belajar dalam suasana bising

7.

Lebih suka musik dari pada lukisan

8.

Bicara dalam irama yang terpola

9.

Lebih suka gurauan lisan dari pada membaca buku humor

10.

Mudah menirukan nada, irama, dan warna suara

Jumlah

No

Pernyataan

1

2

3

1.

Berbicara dengan perlahan

2.

Menanggapi perhatian fisik

3.

Menyentuh orang untuk mendapat perhatian

4.

Banyak bergerak dan selalu berorientasi pada fisik

5.

Menggunakan jari sebagai penunjuk dalam membaca

6.

Banyak menggunakan isyarat tubuh

7.

Tidak bisa duduk diam dalam waktu lama

8.

Menyukai permainan yang menyibukkan

9.

Selalu ingin melakukan sesuatu

10.

Tidak mudah mengingat letak geografis

Jumlah

Ket : No. 1 : Mode Visual

No. 2 : Mode Mendengar

No. 3 : Mode Praktek

Tidak ada komentar: