Model Deskripsi diri
1. Siapakah Saya ?
Saya adalah :………………………………………………………….
…………………………………………………………………………
2. Apa kekuatan atau kelebihan yang saya miliki ?
Kekuatan atau kelebihan yang saya miliki adalah :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Apa kelemahan atau kekurangan yang saya miliki ?
Kekurangan atau kelemahan yang saya miliki adalah :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Apa usaha yang saya lakukan untuk meningkatkan kekuatan atau kelebihan yang saya miliki diatas ?
Usaha yang saya lakukan umtuk mingkatkan kekuatan atau kelebihan yang saya miliki diatas adalah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apa usaha saya untuk mengurangi kelemahan atau kekurangan yang saya miliki diatas ?
Uasaha yang saya lakukan untuk mengurangi kelemahan atau kekurangan yang saya miliki diatas adalah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Apakah anda saat ini sudah merasa bahagia atau belum dengan kepribadian yang anda miliki sekarang ? Alasan :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Model Belajar
LEMBAR KERJA SATU :
Saya dapat belajar dengan baik jika :
1. Saya duduk dan mendengarkan seseorang memberi informasi (B-S)
2. Saya harus mencari diperpustakaan informasi atau pengetahuan yang saya inginkan (B-S)
3. Saya mencari orang yang mengerjakan tugas kemudian saya memperhatikan (B-S)
4. Saya mengerjakan soal seorang diri (B-S)
5. Saya membuat kesalahan dan mencoba lagi (B-S)
6. Saya dapat mendengarkan musik (B-S)
7. Harus tenang (B-S)
8. Saya lebih menyenangi gambar dibandingkan membaca teks (B-S)
9. Sendirian (B-S)
10. Saya berbicara dengan semua teman (B-S)
11. Saya mencatat dan meringkas materi dalam bentuk gambar atau bagan (B-S)
12. Saya belajar dengan berkelompok (B-S)
13. Saya membaca dengan suara (B-S)
14. Saya mengajari orang lain (B-S)
LEMBAR KERJA DUA :
Mohon dicermati pernyataan-pernyataan dibawah ini. Berikan tanda cek (V) pada kolom angka 3 jika pernyataan sesuai dengan kondisi anda, angka 2 jika ragu-ragu atau tidak tahu, dan angka 1 jika tidak sesuai dengan kondisi anda
No | Pernyataan | 1 | 2 | 3 |
1. | Teliti terhadap yang detail | | | |
2. | Mengingat dengan mudah apa yang dilihat | | | |
3. | Mempunyai masalah dengan perintah lisan | | | |
4. | Tidak mudah terganggu dengan suara gaduh | | | |
5. | Pembaca dengan cepat dan tekun | | | |
6. | Lebih suka membaca dari pada dibacakan | | | |
7. | Lebih suka metode demonstrasi dari pada ceramah | | | |
8. | Bila menyampaikan gagasan sulit memilih kata | | | |
9. | Rapi dan teratur | | | |
10. | Penampilan sangat penting | | | |
Jumlah | | | |
No | Pernyataan | 1 | 2 | 3 |
1. | Bicara pada diri sendiri saat bekerja | | | |
2. | Konsentrasi mudah terganggu oleh suara rebut | | | |
3. | Senang bersuara keras ketika membaca | | | |
4. | Sulit menulis tapi mudah bercerita | | | |
5. | Pembicara yang fasih | | | |
6. | Sulit belajar dalam suasana bising | | | |
7. | Lebih suka musik dari pada lukisan | | | |
8. | Bicara dalam irama yang terpola | | | |
9. | Lebih suka gurauan lisan dari pada membaca buku humor | | | |
10. | Mudah menirukan nada, irama, dan warna suara | | | |
Jumlah | | | |
No | Pernyataan | 1 | 2 | 3 |
1. | Berbicara dengan perlahan | | | |
2. | Menanggapi perhatian fisik | | | |
3. | Menyentuh orang untuk mendapat perhatian | | | |
4. | Banyak bergerak dan selalu berorientasi pada fisik | | | |
5. | Menggunakan jari sebagai penunjuk dalam membaca | | | |
6. | Banyak menggunakan isyarat tubuh | | | |
7. | Tidak bisa duduk diam dalam waktu lama | | | |
8. | Menyukai permainan yang menyibukkan | | | |
9. | Selalu ingin melakukan sesuatu | | | |
10. | Tidak mudah mengingat letak geografis | | | |
Jumlah | | | |
Ket : No. 1 : Mode Visual
No. 2 : Mode Mendengar
No. 3 : Mode Praktek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar