Met datang

Met datang di Blog Konseling UIN, blog ini berisikan materi-materi seputar konseling, dan sebagian lainnya materi keagamaan serta kesehatan reproduksi, semoga teman-teman yang berkunjung bisa memanfaatkan kontent materi yang ada di blog

Jumat, 21 November 2008

konsep psiko perkembangan

Aspek-Aspek Perkembangan

No.

Aspek

Penjelasan Aspek

Sub Aspek

Penjelasan Sub Aspek

Teori Tokoh

Awal Usia

1.

Fisik

Bagian tubuh manusia yang berbentuk jasmani dan dapat dilihat melalui indera

  1. Sistem saraf
  2. Otot-otot
  3. Kelenjar Endokrin
  4. Struktur Fisik
  1. Sekelompok bagian tali rasa yang sangat halus terjadi dari sel-sel yang bekerja bersama-sama menghubungkan otak dengan alat perasa.
  2. Urat yang keras
  3. s

  1. Susunan yang teratur dari bagian tubuh manusia yang berbentuk jasmani dan dapat dilihat melalui indera

Thompson

0 Tahun

2.

Kognisi

Aktifitas mental yang berhubungan dengan pengenalan, menerima stimulus dari luar dan pengolahan stimulus tersebut

  1. Pengertian Lisan
  2. Kemampuan Angka
  3. Pengelihatan Keruangan
  4. Ingatan
  5. Penalaran
  6. kelancaran kata-kata
  1. Lisan = Lidah, bagian dari anggota tubuh yang ada dimulut.
  2. Kemampuan manusia untuk mengenal, menggunakan dan mengaplikasikan angka.
  3. Kemampuan penginderaan manusia dalam melihat secara fisik dan yang dapat dilihat secara inderawi.
  4. Proses memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan kembali informasi serta pengalaman yang diperoleh seseorang.
  5. Kemampuan mengaplikasikan otak dan intelegensi untuk berpikir
  6. Kemampuan mengenalan, mengingat dan menggunakan kosa kata yang didapat dan digunakan dalam proses interaksi sosial.

Deasler Jean Peaget

0 Tahun

3.

Emosi

Aktifitas dalam diri manusia yang berhubungan dengan perasaan

  1. Sensorik
  2. Psikis
  3. Perasaan

Ø Intelektual

Ø Sosial

Ø Susila

Ø keindahan

  1. Aktifitas menerima menyeleksi rangsangan yang ada.
  2. Kondisi Kejiwaan seseorang

Ø Kemampuan berpikir atau daya piker atau kaum terpelajar.

Ø Aktifitas bermasyarakat

Ø Adab sopan santun

Ø Sifat-sifat atau keadaan yang indah

John Loksen

4.

Intelegensi

Kemampuan untuk memahami dunia sekitar, berpikir rasional dan menggunakan sumber daya secara efektif ketika menghadapi tantangan.

  1. Adaptasi
  2. Berpikir Abstrak
  3. Belajar
  4. Berinisiatif

Ø Kemampuan Berbahasa

Ø Memori

Ø Nalar

Ø Visual

Ø Bilangan

Ø Menggunakan Kata-kata

Ø Mengamati

1. Proses penyesuaian diri seseorang terhadap lingkungannya.

2. Manipulasi respreentasi yang dapat berupa kata-kata, kesan visual, suara atau data yang bersifat bebas dan tidak terbatas.

Ø Dalam diri manusia terdapat kemampuan bawaan untuk berbahasa yang disebut Language Acquisition Device yang dapat dipengaruhi dari proses imitasi dan modeling.

Ø Proses memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan kembali informasi serta pengalaman yang diperoleh seseorang.

Ø Kemampuan mengaplikasikan otak dan intelegensi untuk berpikir

Ø Angka-angka

Ø Proses pengaplikasian kata-kata untuk berinteraksi

Ø Proses konsentrasi dan fokus terhadap suatu obyek.

Wechsler

0 Tahun

5.

Bahasa

Alat atau media yang digunakan oleh individu untuk berkomunikasi dengan individu yang lain

  1. Kemampuan Berkomunikasi
  2. Perkembangan Berpikir

Ø Kemampuan Membentuk Pengertian

Ø Kemampuan Menyusun Pendapat

Ø Kemampuan Menarik Kesimpulan

  1. Kemampuan berhubungan berinteraksi dengan orang lain
  2. Proses berkembangannya pola piker yang dipengaruhi pendidikan, umur dan kemampuan berinteraksi.

Ø Kemampuan untuk memahami sesuatu.

Ø Kemampuan untuk menyampaikan yang ada di otak.

Ø Kemampuan untuk paham serta menarik secara garis besar sesuatu hal.

Chomsky

1, 6 Bulan-2 Tahun

6.

Kesadaran Beragama

Proses mengetahui dan mengenal keberadaan tuhan serta berusaha melakukan peribadatan sesuai dengan tuntunan agama

  1. Keimanan
  2. Peribadatan

Ø Faktor Internal

Pembawaan Sejak lahir

Ø Faktor Eksternal

Lingkungan keluarga, Sekolah, Masyarakat

  1. keyakinan terhadap keberadaan tuhan
  2. Proses ritual keagamaan (penembahan terhadap tuhan)

Ø Manusia sejak lahir sudah dikenal terhadap keberadaan tuhan

Ø Lingkungan : lingkungan sekitar dapat mempengaruhi proses kesadaraan beragama.

Ø Keluarga : aktifitas keagamaan dan keyakinan dalam keluarga dapat mempengaruhi kesadaran beragama.

Ø Sekolah : proses pembelajaarn dan ilmu disekolah dapat mempengaruhi kesadaran beragama.

Ø Masyarakat : perilaku, keyakinan serta aktifitas masyarakat dapat mempengaruhi kesadaran beragama.

Sigmund Freud

7.

Sosial

Aktifitas perkembangan yang berhubungan dengan aktifitas bermasyarakat

  1. Judgment
  2. Adaption
  1. Proses berperilaku sesuai perilaku wajar yang ada dan berkembang dimasyarakat.
  2. Proses penyesuaian diri seseorang terhadap lingkungannya

8.

Moral

Aktifitas perkembangan yang berhubungan dengan tatanan perbuatan baik buruk sesuai dengan nilai yang berkembang

  1. Mengenal Nilai
  2. Berperilaku Sesuai Nilai
  1. Proses seeorang mengenal nilai-nilai yang ada dan berkembang dimasyarakat
  2. Proses berperilaku sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku

Kohlberg

Nama : Muhammad Fuad Hasyim

NIM : 07220040

Tidak ada komentar: