Met datang

Met datang di Blog Konseling UIN, blog ini berisikan materi-materi seputar konseling, dan sebagian lainnya materi keagamaan serta kesehatan reproduksi, semoga teman-teman yang berkunjung bisa memanfaatkan kontent materi yang ada di blog

Rabu, 19 November 2008

games

Macam-macam Games dalam outbond dan pelatihan

1. Menjadi Samson, Delilah & Singa

Karena Samson dapat Kalah dengan Delilah

Delilah dapat Kalah dengan Singa

Dan Singa dapat Kalah dengan Samson

Ket : Bagi forum dengan 2 team setelah perintah dan keterangan jelas, bariskan 2 team tersebut berhadap-hadapan, kemudian diminta membalik badan untuk diskusi akan menjadi, setiap peran harus diperagakan, Samson identik dengan laki-laki perkasa, Delilah perempuan lemah lembut & sosok dari singan, untuk memulai membalik badan serta memperagakan peran fasilitator yang memberi aba-aba.

2. Bola Panas

Bentuk forum menjadi sebuah lingkaran, lempar bola, bagi yang menerima bola dia harus menyebutkan materi yang paling berkesan dan dia ingat, bisa materi hari kemarin atau materi barusan sebelum games.

3. Pagar Tali

Ikat 2 ujung tali dengan panjang sekitar 2,5meter, bentuk forum menjadi baris berhadap-hadapan dengan jumlah yang berbaris sama satu sama lain dengan bergandengan tangan, forum diminta membawa tali dari ujung satu keujung lain tanpa melepaskan ikatan tangan.

4. Yel-yel

Forum dibagi menjadi 2 kelompok atau lebih diminta untuk membuat yel-yel menjatuhkan mental kelompok lain.

5. Air diatas Sarung

Bagi forum menjadi 2 kelompok atau lebih, tiap kelompok terdiri darri 4 orang, berikan kain sarung, tiap-tiap orang diminta memegang ujung kain sarung, letakkan gelas air minuman berisi air penuh, minta tiap kelompok lomba bawa air dari start sampai garis finish tanpa air yang didalam gelas mineral tumpah.

6. Kelereng

Bagi forum menjadi 2 team atau lebih, masing-masing team mendapat satu sendok dan satu kelereng untuk dibawa secara marathon sampai garis finish.

7. Gendong Balon

Forum dibagi menjadi 2 team atau lebih, tiap team diwakili 2 orang yang menbawa balon sambil dipeluk berdua sampai garis finish, (games ini juga bisa menggunakan system marathon).

8. Balap Tali

Forum dibagi menjadi dua team atau lebih dengan jumlah peserta sama, dibariskan sejajar, kaki masing-masing personal diikat menggunakan tali raffia, kemudian lomba jalan.lari sampai garis finish (NB: lomba ini systemnya mirip dengan balap karung, hanya medianya yang diganti).

9. Balap Sarung

Forum dibagi 2 team tiap team atau lebih satu peserta diberikan kin sarung, diminta bersarungan seperti biasa namun pada bagian bawah sarung juga diikat sehingga gerak kaki tidak leber dan bebeas, kemudian lombat loncat sampai garis finish (NB: lomba ini sistemnya juga mirip dengan balap karung namun hanya medianya yang diganti).

10. Instruksi Gerak

Forum diminta membuat lingkaran dengan duduk diatas kursi fasilitator ada ditengah dengan memberikan perintah, ketika bilang kata “sandal” maka bergerak kekanan, ketika dengar kata “sepatu” dari fasilitator maka gerak kekiri dan ketika mendengar kata “hus” harus pindah kursi, fasilitator juga ikut cari tempat duduk ketika kata “hus” sehingga peserta yang tidak mendapatkan tempat duduk akan menggantikan fasilitator ditengah untuk memberikan aba-aba.

Tidak ada komentar: