Met datang

Met datang di Blog Konseling UIN, blog ini berisikan materi-materi seputar konseling, dan sebagian lainnya materi keagamaan serta kesehatan reproduksi, semoga teman-teman yang berkunjung bisa memanfaatkan kontent materi yang ada di blog

Kamis, 20 November 2008

Dakwah periode Madinah

Dakwah Periode Madinah

Proses dakwah Nabi pada masa Madinah dimulai dari perjanjian atau bai’at beberapa penduduk Madinah yang berhaji atau berdagang sampai ke Makkah, perjanjian itu terkenal dengan perjanjian Aqibah 1 dan Aqobah 2.

Ba’it Aqobah 1 diikuti oleh dua belas orang laki-laki yang kemudian ketika kembali nabi mengutus beberapa sahabat yaitu Mus’ab bin Umair untuk ikut ke Madinah dan mengajari penduduk Madinah tentang Islam, sedangkan untuk ba’it Aqobah kedua diikuti tujuh puluh laki-laki dan dua orang wanita.

Ketika nabi tiba di Madinah hal yang pertama kali dilakukan oleh Nabi adalah membangun masjid yang saat ini terkenal dengan sebutan masjid Nabawi, hal kedua yang dilakukan oleh nabi adalah mempersaudarakan suku-suku dari berbagai agama dan kepercayaan,persatuan ini terkenal dengan Perjanjian Madinah atau Piagam Madinah.

Penduduk Madinah terdiri dari tiga kabilah Yahudi yaitu bani Qainuqa, bani Quraizah dan bani Nadzir hubungan antara tiga suku tersebut sangat buruk sering terjadi permusuhan, sedangkan penduduk asli madinah ialah suku Aus dan Khazraj antara suku Aus dan Khajraz juga sering terjadi peperangan. Pada proses berjalannya kaum ini lebih disebut kaum Anshar atau kaum asli Madinah. Keagamaan penduduk Madinah arab asli banyak yang mengikuti bangsa Quraisy, sedangkan penduduk Yahudi beribadah sesuai dengan tuntunan mereka sendiri.

Awal kedatangan nabi penduduk Madinah sangat bersuka cita dan bergembira menyambut nabi dan kaum muhajirin,kaum Yahudi pun tidak menentang karena sesungguhnya dalam kitab mereka juga disebutkan tentang nabi Muhammad mereka tahu meski tidak ikut meyakini dan masuk Islam.

Namun seiring berjalannya waktu keharmonisn tersebut maka timbullah kaum munafikin yang terdiri dari kaum Yahudi, Aus dan Khajraz, kaum minafikin ini diketuai oleh Abdullah bin Ubay. Permusuhan dan penolakan terhadap Islam pun juga mulai kelihatan pada kaum Yahudi hal ini diperparah ketika pemimpin kaum Yahudi masuk Islam yang bernama Abdullah bin Salam, cara penolakan kaum Yahudi dengan menghasut, menyebarkan kebencian terhadap sesama muslim, antara kaum muhajirin dan anshar.

Tidak ada komentar: